Monday, November 22, 2010

Pentingnya Sunblock atau kosmetik ber-Sunblock

Sunblock sebenarnya sangat berperan penting dalam menjaga kulit dari semua dampak negatif dari sinar matahari. Kulit yang terkena langsung sinar matahari tanpa dilindungi apapun dapat menimbulkan:
* Flek
* Kerut (penuaan dini)
* Warna kulit yang tidak rata
* Yang paling fatal adalah kanker kulit.

SPF dan PA++
SPF adalah singaktan dari Sun Protection Factor. Pasti dong...fungsinya untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari langsung. Tapi apa sih maksudnya SPF 15, SPF 30 dst. Angka dibelakang SPF adalah menunjukkan waktu atau lamanya sunblock tersebut dapat melindungi kulit kita. Misalnya SPF 30, berarti sunblock itu dapat melindungi  kulit kita dari sengatan matahari selama 300 menit. Jadi semakin tinggi tingkatan SPF-nya semakin lama sunblock tersebut dapat melindungi kulit kita. Nggak pas segitu juga sih..tergantung kondisi saat kita pakai.Misalnya berenang, tentu saja, sunblock tersebut tidak terlalu efektif untuk jangka yang sudah disebutkan tadi.

Sinar matahari sendiri mengandung 2 zat yang berbahaya yaitu UV A dan UV B. UVA dapat menyebabkan kulit gosong, bahkan mengelupas.UVA ini dapat ditangkal dengan penggunaan sunblock ber SPF. berikut ini perkiraan kemampuan sunblock dalam menangkal sinar UVA :
PF 15 = menangkal 93% UVB
SPF 30 = menangkal 97% UVB
SPF 45 = menangkal 98% UVB

Satu lagi sinat sangat berbahaya yang dikeluarkan oleh matahari, bahkan lebih berbahaya dari UVA, namanya UVB. UVB ini dapat menyebabkan Flek, keriput, bahkan kanker kulit. Sinar UV B ini dapat dicegah dengan  PA. Untuk itu dalam memilih sunblock, selain ber SPF, pastikan juga sunbloc tersebut ber PA. Berikut ini kemapuan PA dalam melindungi kulit kita dari UVB (dalam jam).
PA+ = PPD 2-4
PA++ = PPD 4-8
PA+++ = PPD >8

Fakta di Australia.
Australia adalah termasuk negara yang tingkat sinar UV nya paling berbahaya. Tapi tahu doong bule...malah kepingin kulit hitam. Makanya mereka selalu berjemur di pinggir pantai, bersepeda dan jogging di siang hari, dimana pada saat itu,  matahari sedang ganas2nya mengeluarkan sinar berbahayanya. Faktanya yang saya dapt dari :
http://www.skincancer.gov.au/internet/skincancer/publishing.nsf/Content/fact-2
menyebutkan :
  • Australia menempati urutan pertama di Dunia dalam jumlah penderita kanker kulit
  • Warga Australia 5x lebih banyak menderita kanker kulit dari pada kanker-kanker yang lain.
  • Rata-rata 2 dari 3 warga Australia terkena kanker kulit sebelum umur 70 tahun.
Ngeriii kan..makanya jangan pernah melupakan sunblock.lipstik boleh lupa, maskara boleh lupa, tapi tidak dengan sunblock!!

Wanita kadang malas memakai Sunblock
Banyak sekali wanita Indonesia yang maleeees banget pakai sunblock alsannya:
  • Kerjanya di dalam ruangan kok...
  • Gak ada efek apa2 diwajah (nggak seperti makeup, foundationdll), bahkan sering merusak makeup kita.
  • Kurang kesadaran akan pentingya sunblock ber SPF dan ber PA.
Walaupun kita bekerja di dalam ruangan, sinar matahari tetap dapat menembus dinding kaca. Dan nggak mungkinlah yaw...seharian kita didalam ruangan terus. Dalam perjalanan, wlpun mobil tertutup rapat, sinar matahari yang mengenai kulit kita, hampir nggak ada bedanya dengan kalau kita berjalan kakai.

Saya juga pernah merasakan kalau sunblock itu kadang merusak makeup kita. Contohnya: pertama kita oelskan sunblock, kemudian pelembab, foundation dan terakhir bedak. Memerlukan waktu cukup lama untuk menunggu semua cream itu bener2 meresap ke kulit satu-per satu. Kalau nggak ada waktu, langsung deh kita blend berturut-turut ke wajah kita.Alhasil.....OMG, wajah jadi belepotan..he..he....

Untuk itulah technology makeup dan skincare terbaru menciptakan BB cream. Hanya dengan 1 cream saja, kita sudah bisa mendapatkan manfaat dari Sunblok ber SPF dan ber PA++, pelembab, nutrisi, anti kerut, pemutih, foundation...apa lagi???semua fungsi yang kita butuhkan untuk kulit wajah ada semua hanya dalam 1 botol/tube "BB CREAM, MAGIC CREAM from KOREA"

0 comments:

Post a Comment